Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Pengadaan Logistik Pilkada Bengkalis dilaksanakan Sesuai Prosedur, Bawaslu Bengkalis Tinjau Proses Percetakan Logistik Jenis Segel di PT Locis Indonesia di Tangerang

Logistik segel

Anggota Bawaslu Bengkalis, Budi Kurnialis dan Mendra serta seorang staf saat melakukan pengawasan pengadaan logistik jenis segel di PT. Locis Indonesia (16/9).

Bawaslu Bengkalis, BENGKALIS - Anggota Bawaslu Bengkalis, yakni Mendra dan Budi Kurnialis pada Jumat (13/9) lalu mengunjungi PT Locis Indonesia di Tangerang, Banten. Kunjungan sekaligus melaksanakan tugas pengawasan tersebut dilakukan dalam rangka memastikan pengadaan logistik Pilkada Serentak 2024, khususnya untuk Pilkada Bengkalis dilaksanakan sesuai prosedur dan ketentuan.

"Benar, kita telah melakukan pengawasan sekaligus meninjau langsung proses pengadaan logistik Pilkada, dalam hal ini terkait pengadaan logistik jenis segel yang dicetak di PT. Locis Indonesia pada Jumat pekan lalu," kata Anggota Bawaslu Bengkalis, Mendra melalui sambungan selulernya, Senin (16/9).

Dikatakan Mendra, bersama Anggota Bawaslu Bengkalis Budi Kurnialis dan Zulfan Heri, salah seorang staf dalam melakukan pengawasan tersebut, pihaknya sengaja mendatangi langsung lokasi percetakan logistik Pilkada jenis segel tersebut, yakni bagi memastikan pengadaan logistik itu telah sesuai dengan aturan, yaitu tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu, tepat tujuan, dan tepat prosedur.

"Di PT Locis Indonesia itu, logistik Pilkada untuk Bengkalis, termasuk untuk daerah lain di Riau, jenis segel yang dicetak itu menggunakan dua unit mesin pencetak segel. Dalam melakukan percetakan, satu unit mesin dapat memproduksi sebanyak 20 pcs segel. Kemudian dari hasil cetak tersebut dipacking kedalam kardus sebanyak 200 pcs untuk masing-masing kardus. Selanjutnya dari packingan tadi dipacking lagi kedalam goni sebanyak 20 kardus yang nantinya akan di distribusi ke daerah masing-masing," jelas Mendra seraya mengatakan jika 
proses produksi segel untuk keperluan di Riau dapat diselesaikan dalam satu atau dua hari dan kemudian segera didistribusikan ke Riau.

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pengawasan yang dilakukan, bahwa kebutuhan logistik jenis segel untuk Kabupaten Bengkalis diperlukan sebanyak 13.848 pcs. Logistik jenis segel ini direncanakan akan dikirim ke Bengkalis pada hari ini, Senin (16/9), termasuk untuk keperluan Pilkada di kabupaten/kota di Riau lainnya. Dalam pengirimannya, logistik ini akan didistribusikan menggunakan jasa pengiriman melalui jalur laut dan darat.(humas_bawaslubks)

Penulis : Marzuli

Foto : Zulfan Heri