Lompat ke isi utama

Berita

Sentra Gakkumdu Kabupaten Bengkalis Lakukan Patroli Anti Money Politic di Masa Tenang

Ketua Bawaslu Bengkalis Usman, bersama Anggota Sentra Gakkumdu saat melakukan Patroli

Ketua Bawaslu Bengkalis Usman, bersama Anggota Sentra Gakkumdu saat melakukan Patroli Anti Politik Uang di Kecamatan Mandau(11/2)

BENGKALIS-Sentra Gakkumdu Kabupaten Bengkalis yang dibagi dalam beberapa kelompok, Ahad (11/2) menggelar Patroli Anti Money Politic pada Masa Tenang di beberapa kecamatan di Kabupaten Bengkalis, seperti di Kecamatan Bantan, Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Mandau.

Patroli Anti Money Politic yang disertai dengan pemeriksaan terhadap kendaraan roda dua maupun empat yang dilakukan di sejumlah titik yang telah ditentukan ini, merupakan upaya bagi mencegah terjadinya politik uang maupun kegiatan lain yang disinyalir mengarah kepada aktivitas kampanye pemilu yang dilakukan peserta pemilu maupun tim kampanye pemilu.

Seperti di Kecamatan Bantan dan Bengkalis, Patroli Anti Money Politic Sentra Gakkumdu Bengkalis yang melibatkan para personil dari unsur Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan ini, dipimpin langsung Anggota Bawaslu Kabupaten Bengkalis Andi Setiawan. Beberapa titik yang dijadikan lokasi patroli dan fokus pemeriksaan, seperti di Simpang Mama Desa Bantan Tua Kecamatan Bengkalis dan di pertigaan Lapangan Tugu Kita Bengkalis.

Selain para personil di Sentra Gakkumdu, patroli yang sebelumnya diawali dengan Apel Bersama di halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Bengkalis itu, juga turut dihadiri dan dikawal ketat oleh sejumlah personil dari Satlantas Polres Bengkalis serta personil TNI dari Kodim 0303 Bengkalis.

Apel persiapan Patroli
Apel persiapan Patroli Anti Politik Uang di halaman Bawaslu Bengkalis

"Kita dari Sentra Gakkumdu Kabupaten Bengkalis melakukan patroli guna mencegah serta menindak adanya praktik politik uang yang terjadi selama masa tenang. Selain itu, kita juga ingin memastikan jika selama masa tenang ini tidak ada aktivitas atau kegiatan yang mengarah atau mengandung unsur kampanye pemilu, baik yang dilakukan oleh peserta pemilu maupun tim relawan dan masyarakat," ujar Andi Setiawan.

Secara terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Usman, bersama-sama para personil Sentra Gakkumdu yang melaksanakan Patroli Pengawasan serta Patroli Anti Money Politic pada Masa Tenang di Kecamatan Mandau mengatakan, bahwa dalam giat ini pihaknya memokuskan pada lokasi-lokasi yang menjadi titik kumpul massa serta pada kantor atau sekretariat pemenangan partai politik peserta pemilu di Mandau.

Ketua Bawaslu Bengkalis bersama Anggota Sentra Gakkumdu
Ketua Bawaslu Bengkalis Usman dan Anggota Ardi Suprianto bersama Anggota Sentra Gakkumdu

"Patroli ini diikuti oleh tim yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu Bengkalis dari jajaran Polres Bengkalis, Bawaslu Bengkalis, Panwascam dan juga dibantu oleh jajaran pihak kepolisian di Kecamatan Mandau," sebut Usman seraya mengatakan jika kegiatan ini diawali apel bersama untuk menentukan lokasi pengawasan dan juga untuk menyamakan persepsi kepada para pihak.

Selain patroli secara langsung yang melibatkan jajaran Gakkumdu, sahabat-sahabat kita dari pengawas TPS juga melakukan konsolidasi di warung pengawasan yang sudah ditetapkan," katanya lagi.

Selain Usman, sejumlah Anggota Bawaslu Bengkalis juga terlihat hadir dalam patroli pengawasan dan anti politik uang di Kecamatan Mandau, yakni Ardi Suprianto. Sementara di patroli yang dilakukan di Kecamatan Bengkalis dan Bantan dihadiri pula oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Bengkalis M Sarbini serta sejumlah pegawai di jajaran Bawaslu Bengkalis.(humas_bawaslubks)

Penulis : Marzuli

Foto : Tim Bawaslu