Lompat ke isi utama

Berita

MUI Bengkalis Taja Zikir dan Doa Bersama Untuk Kesuksesan Pemilu 2024, Bawaslu Bengkalis Ajak Masyarakat Tolak Politik Uang

Anggota Bawalsu Bengkalis Andi Setiawan saat memberikan sambutan pada pembukaan Zikir dan Doa Bersama (2/2)

Anggota Bawalsu Bengkalis Andi Setiawan saat memberikan sambutan pada pembukaan Zikir dan Doa Bersama (2/2)

BENGKALIS- Bawaslu Kabupaten Bengkalis mengajak seluruh komponen dan elemen masyarakat untuk bersama-sama menolak praktik politik uang pada pelaksanaan pemilu tahun 2024. Selain merupakan suatu pelanggaran dalam pemilu, politik uang juga dapat merusak dan mencederai tatanan dalam sistim berdemokrasi.

Ajakan penolakan terhadap praktik politik uang ini sebagaimana disampaikan Anggota Bawaslu Kabupaten Bengkalis Andi Setiawan, Jumat (2/2) malam ketika didaulat menyampaikan pesan singkat pemilu damai dalam kegiatan Zikir dan Doa Bersama  untuk Kesuksesan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 yang ditaja MUI Kabupaten Bengkalis di Masjid Istiqomah Bengkalis.

Dikatakan Andi yang juga Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Bengkalis ini, selain bahaya politik uang yang harus dihindari dan dijauhi dalam penyelenggaraan pemilu, sejumlah hal lain yang juga mesti dihindari adalah politisasi SARA, berita hoax dan segala macam bentuk ujaran kebencian.

"Kami menghimbau kepada masyarakat dalam dalam pemilu nanti menggunakan hak pilih dengan hati nurani. Mari pulang bersama-sama tolak politik uang, politisasi SARA, berita hoax dan ujaran kebencian," ajak Andi Setiawan.

Di hadapan Ketua MUI Bengkalis H Amrizal beserta jajaran pengurus, Bupati Bengkalis yang diwakili Staf Ahli Bupati H Bustami HY, para unsur Forkopimda, KPU, tokoh masyarakat, para ulama, kiyai, anggota jajaran kepolisian dan TNI, serta berbagai komponen masyarakat yang meramaikan kegiatan zikir dan doa Bersama tersebut, Andi Setiawan juga menegaskan jika seluruh jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Bengkalis siap mengawasi pelaksanaan pemilu 2024 ini.

Kendati demikian, peran seluruh masyarakat lanjut Andi, juga sangat diperlukan bagi memastikan agar proses pemilu berjalan dengan aman, tertib dan damai. "Kita berdoa dan berharap agar pemilu yang akan kita songsong ini berjalan dengan aman dan melahirkan pemimpin yang jujur dan amanah," harapnya lagi.

Selain Andi Setiawan, pesan singkat pemilu damai juga disampaikan Kapolres Bengkalis yang diwakili Waka Polres Bengkalis Kompol Farris Nursanjaya, Dandim 0303 Bengkalis yang diwakili Kasdim 0303 Mayor Arh Sudiyono, dan Ketua KPU Bengkalis Elmiawati Safarina. Sebelumnya Ketua MUI Bengkalis H Amrizal mengatakan jika kegiatan zikir dan doa bersama yang diselenggarakan bekerjasama dengan sejumlah pihak ini, merupakan ikhtiar agar pemilu 14 Februari 2024 nanti berlangsung dengan aman tanpa gangguan dan hambatan.

"Zikir dan doa bersama ini kita laksanakan sebagai harapan afar Pemilu 2024 berlangsung dengan aman dan damai," harap H Amrizal, yang dalam kegiatan tersebut juga diakhiri dengan mendengarkan sambutan dan pengarahan dari Staf Ahli Bupati H Bustami HY.(humas_bawaslubks)

Penulis dan Foto : Marzuli