Lompat ke isi utama

Berita

Seminar Kebangsaan, Usman mengajak Pengawasan Partisipatif

Usman saat memaparkan materi

Usman saat memaparkan materi pada Seminar Kebangsaan

BENGKALIS- Ketua Bawaslu Bengkalis, Usman, M.Si mengajak masyarakat terutama mahasiswa untuk ikut melakukan pengawasan partisipatif dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai. Hal tersebut disampaikan pada acara Seminar Kebangsaan dengan tema Menyongsong Pemilu Damai 2024 di Gedung Cik Puan Bengkalis, Selasa (09/01/2024).

Kegiatan yang digelar oleh Polres Bengkalis bekerjasama dengan Pemkab Bengkalis, KPU Bengkalis dan Bawaslu Bengkalis tersebut dihadiri Wakil Bupati Bengkalis, Kapolres Bengkalis, Forkopimda dan OPD Kabupaten Bengkalis serta diikuti oleh para mahasiswa dan pelajar tingkat SMA/sederajat di Kabupaten Bengkalis.

Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Seminar Kebangsaan ini digelar sebagai upaya cooling sistem dalam rangka menciptakan ketertiban dan kemananan serta mensukseskan Pemilu Tahun 2024.

"Ini juga menjadi ajang sosialisasi kepada para mahasiswa dan siswa-siswi sebagai new voters agar bisa menyalurkan hak pilihnya dengan baik serta memahami dan mengetahui hak dan kewajibannya dalam berpolitik, sehingga pemilu dapat berjalan dengan sukses, aman, kondusif dan damai," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bengkalis, Dr. H. Bagus Santoso, MP mengungkapkan bahwa dalam menyongsong Pemilu Tahun 2024 ini mahasiswa dapat belajar dewasa, saling menghormati dan menghargai karena bisa jadi para calon atau pihak yang saat ini dibenci karena berbeda pandangan politik di kemudian hari bisa menjadi yang dicantai, begitu juga sebaliknya.

"Hal ini sesuai dengan makna demokrasi menurut Betrand Russell, yaitu demokrasi adalah proses dimana orang-orang memilih seseorang tapi akhirnya seseorang yang dipilih itu kelak akan disalahkan. Untuk itu dalam mengikuti pesta demokrasi ini mari kita saling menghormati dan menghargai agar Pemilu dapat berjalan kondusif, aman dan damai," ajaknya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bengkalis dalam paparan materinya menjelaslan bahwa lembaga Bawaslu diberikan amanah untuk mengawasi seluruh tahapan pemilu, melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu serta melakukan penindakan terhadap pelanggaran pemilu dalam rangka menegakkan keadilan pemilu.

"Untuk melaksanakan tugas dan amanat tersebut, Bawaslu membutuhkan dorongan dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat untuk dapat ikut mengawasi seluruh tahapan pemilu agar berjalan sesuai aturan mengingat tantangan yang terjadi di Pemilu Tahun 2024 ini lebih kompleks," ungkapnya.

Usman juga meminta kepada mahasiswa untuk lebih cermat dan lebih cerdas memilih informasi tentang isu-isu pemilu sehingga tidak mudah terpancing atau terprovokasi berita-berita yang belum tentu kebenarannya. "Saring dan cari dulu kebenaran informasi atau berita yang kita terima sebelum kita menyimpulkan dan mengambil aksi terhadap informasi tersebut, sebab bisa saja informasi tersebut hanyalah berita hoax," pesannya.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pembacaan dan penandatanganan deklarasi bersama oleh Forkopimda dan seluruh perwakilan elemen masyarakat Kabupaten Bengkalis serta penampilan spesial dari Joel Purba yang merupakan Stand Up Comedy dari Medan.