Lompat ke isi utama

Berita

Sehari Jelang Pemungutan, Bawaslu Bengkalis Cek Kesiapan TPS

Anggota Bawalsu Bengkalis, Andi Setiawan saat melakukan cek kesiapan TPS diwilayah kecamatan Bengkalis

Anggota Bawalsu Bengkalis, Andi Setiawan bersama tim saat melakukan cek kesiapan TPS diwilayah kecamatan Bengkalis(13/2)

BENGKALIS-Satu hari menjelang pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Bengkalis melakukan pengecekan terhadap sejumlah lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di wilayah Kabupaten Bengkalis, Selasa (13/02/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan guna memastikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) telah siap dalam menyediakan fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pemungutan dan penghitungan surat suara besok.

Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Andi Setiawan mengatakan bahwa pengecekan kesiapan TPS ini juga dilakukan untuk mengetahui situasi, dan persiapan KPPS terkait dengan tahapan pungut suara pemilu 2024 yang sudah akan dilaksanakan dalam hitungan jam kedepan. "Kita ingin memastikan pelaksanaan pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ujar Andi saat ditemui di lokasi TPS 02 Desa Sebauk, Kecamatan Bengkalis.

Lebih lanjut Andi menyampaikan imbauannya kepada masyarakat untuk hadir ke TPS besok guna memberikan hak suaranya mengingat urusan pencoblosan 5 menit di TPS adalah urusan masa depan bangsa dan negara minimal 5 tahun ke depan. "Sebab perwajahan dan peradaban Negara dan daerah kita termasuk Bengkalia selama lima tahun mendatang sangat ditentukan oleh ujung jari kita sebagai pemilih besok," terangnya.

Andi juga meminta masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam mengawal dan ikut mengawasi jalannya pesta demokrasi Tahun 2024 agar dapat berjalan aman dan sukses sesuai harapan bersama. "Kami sangat membutuhkan peran dan partisipasi masyarakat untuk dapat menjadi pemilih yang baik dan ikut mengawasi proses Pemilu ini, jika menemui adanya kecurangan atau pelanggaran silahkan melaporkan kepada kami," imbaunya.

Sementara itu, pengecekan kesiapan TPS ini selain dilakukan di Kecamatan Bengkalis juga dilakukan wilayah lain di Kabupaten Bengkalis seperti di Kecamatan Bantan, Kecamatan Mandau dan bahkan di Kecamatan Rupat pengecekan kesiapan TPS juga dilakukan secara langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Riau bersama Kapolda Riau didampingi Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis. Sedangkan di Kecamatan Pinggir pengecekan dilakukan oleh Tim Sentra Gakkumdu Provinsi Riau. (humas-bawaslubks)

Penulis dan Foto : M Zidni Mubarok