Lompat ke isi utama

Berita

Segenap Komponen dan Elemen Masyarakat di Bengkalis Nyatakan Ikrar, Tolak Politik Uang, Politisasi Sara, Berita Hoax dan Ujaran Kebencian

Pembacaan yang dipandu Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal, MAg

Pembacaan Ikrar yang dipandu oleh Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal, MAg

BENGKALIS- Segenap komponen dan elemen masyarakat di Kabupaten Bengkalis secara bersama-sama menyatakan ikrar dalam rangka menolak politik uang, politisasi sara, berita hoax dan ujaran kebencian pada penyelenggaraan pemilu tahun 2024. Ikrar ini sebagai wujud kepedulian dan kesadaran bahwa pemilu mesti dilaksanakan secara damai, sejuk dan demokratis.

Ikrar yang dipandu Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal, MAg dan diikuti bersama-sama oleh para tokoh masyarakat, ormas/lembaga, tokoh perempuan, tokoh pemuda, kalangan mahasiswa, lembaga perguruan tinggi, organisasi pers, tokoh perempuan, perwakilan partai politik peserta pemilu dan sejumlah organisasi kemasyarakatan lainnya yang ada di Kabupaten Bengkalis ini, dilakukan dalam suatu kegiatan sosialisasi produk hukum dan non produk hukum Bawaslu dengan tema Peran Masyarakat Dalam Rangka Mencegah Politik Uang, Politisasi Sara, Berita Hoax dan Ujaran Kebencian Pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Bengkalis yang diselenggarakan Bawaslu Bengkalis, Rabu (7/2) di Bengkalis.

Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal, MAg

Selain menyatakan kesiapan untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu agar berjalan dengan tertib, aman, damai dan demokratis, serta menolak segala macam praktik politik uang, politisasi sara, berita hoax dan ujaran kebencian, segenap komponen dan elemen masyarakat di Kabupaten Bengkalis ini juga menyatakan ikrar untuk bersama-sama melakukan pengawasan partisipatif, mencegah pelanggaran dan melaporkan dugaan pelanggaran pemilu kepada Bawaslu maupun jajaran pengawas pemilu sesuai tingkatannya, yakni demi terwujudnya penyelenggaraan pemilu yang Luber dan Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil).

Sebelumnya, Anggota Bawaslu Kabupaten Bengkalis Budi Kurnialis dalam sambutannya mengatakan, jika peran dan keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang damai dan dalam situasi yang kondusif adalah hal yang sangat diperlukan. Hal ini tentunya sebagai bentuk partisipasi agar pesta demokrasi dapat dilaksanakan dengan baik.

Budi Kurnialis dua dari kiri

"Melalui partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, tentu menjadi harapan kita semua, terutama kami di lembaga pengawas pemilu, sehingga tujuan pengawasan dalam rangka mewujudkan pemilu yang demokratis dapat terlaksana, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," sebut Budi Kurnialis.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Bengkalis ini mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh pihak yang selama ini bersama-sama Bawaslu Kabupaten Bengkalis dalam mengawal proses demokrasi yang hari ini sedang berlangsung. Beliau juga menitipkan harapan agar masyarakat tetap bersama-sama jajaran pengawas pemilu dalam menciptakan pemilu yang sejuk dan damai, menghindari politik uang dan segala macam bentuk pelanggaran yang dapat merusak tatanan dalam sistem berdemokrasi.

"Mari kita wujudkan pemilu yang damai dan berkualitas. Hindari politik uang dan hal-hal lain yang dapat merusaknya," imbuh Budi Kurnialis.

peserta

Dalam kegiatan sosialisasi produk hukum dan non produk hukum Bawaslu yang turut diisi dengan ikrar bersama dan diikuti oleh sekitar 100 peserta ini, Bawaslu Kabupaten Bengkalis sengaja menghadirkan dua narasumber, yakni AKP Gian Wiatma Jonimandala, STK, SIK, MH (Kepolisian Resort Bengkalis) dan James Naibaho, SH (Kasubsi Intel Kejaksaan Negeri Bengkalis). Kedua narasumber ini memaparkan terkait bahaya politik uang, politisasi sara, berita hoax dan ujaran kebencian dalam pemilu serta ketentuan pidana yang mengaturnya. Termasuk penanganan yang dilakukan bersama di Sentra Gakkumdu terhadap laporan maupun temuan dugaan tindak pidana pemilu yang terjadi selama tahapan pemilu.

Selain dihadiri para narasumber, kegiatan yang berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan diwarnai diskusi yang menarik terkait pelaksanaan pemilu ini, juga turut dihadiri Anggota Bawaslu Bengkalis, Mendra. Beberapa pengurus maupun perwakilan partai politik peserta pemilu di Kabupaten Bengkalis juga tampak hadir dan antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga berakhir.(humas_bawaslubks)

Penulis dan Foto : Marzuli