Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemilu dan Persiapan Pengawasan Pungut Hitung, Indra Khalid Nasution : Tugas Pengawasan Harus Ditulis

Pembukaan Rakor

Rapat Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024 dan Persiapan Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Bagi Bawaslu Kabupaten/Kota se Provinsi Riau

PEKANBARU-Anggota Bawaslu Provinsi Riau Indra Khalid Nasution menegaskan, bahwa betapa pentingnya tugas-tugas maupun kerja-kerja pengawasan yang telah dilakukan jajaran pengawas pemilu selama ini agar dapat ditulis. Hal ini diperlukan bagi memastikan agar setiap kerja pengawasan dapat terdokumentasi dan tercatat secara baik dan maksimal.

Hal itu disampaikan Indra Khalid Nasution dalam pengarahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Rapat Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024 dan Persiapan Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Bagi Bawaslu Kabupaten/Kota se Provinsi Riau yang diselenggarakan Bawaslu Riau, Senin (15/1) di Aula Bawaslu Riau.

"Selain ianya sebagai bentuk pelaporan atas setiap aktivitas tahapan pemilu yang telah diawasi, juga menjadi bahan evaluasi bagi jajaran pengawas pemilu dalam melakukan aktivitas pengawasan tahapan pemilu di masa-masa yang akan datang," kata Indra Khalid Nasution.

Indra yang juga Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Riau ini menambahkan, apabila setiap hasil kerja-kerja pengawasan yang sudah dilakukan (dalam tahapan pemilu) tidak dapat ditulis dan tercatat dengan baik, maka dapat dipastikan akan hilang dan lenyap begitu saja. Untuk itu, perlu digarisbawahi bahwa mencatat atau menulis hasil pengawasan yang dilakukan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.

Dalam Rapat Evaluasi yang turut dihadiri pimpinan Bawaslu Riau lainnya, seperti Amiruddin Sijaya, Patminah Nularna, Kabag Pengawasan Bawaslu Riau Tarmizi AP serta para Koordinator dan Wakil Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu kabupaten/kota se Riau beserta staf selaku peserta, selain membahas terkait evaluasi pengawasan tahapan pemilu yang sudah berlangsung sebelum ini, juga persiapan pengawasan pemungutan dan penghitungan suara bersama Ketua Bawaslu RI periode 2017-2022 Abhan dan Abdullah, salah seorang Pegiat Pemilu melalui aplikasi zoom meeting.(humas_bawaslubks)

Penulis dan Foto : Marzuli