Lompat ke isi utama

Berita

Pelantikan Pengawas TPS Se-Kecamatan Bengkalis, Budi Kurnialis : Pengawas TPS Ujung Tombak Pengawasan

Anggota Bawaslu Bengkalis Budi Kurnialis saat memberikan sambutan dan arahan pada Pelantikan PTPS Kecamatan Bengkalis

Anggota Bawaslu Bengkalis Budi Kurnialis saat memberikan sambutan dan arahan pada Pelantikan PTPS Kecamatan Bengkalis

BENGKALIS- Anggota Bawaslu Kabupaten Bengkalis Budi Kurnialis menegaskan, jika Pengawas TPS adalah ujung tombak pengawasan dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 ini. Peran Pengawas TPS dinilai besar bagi memastikan pemungutan suara di TPS berjalan sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hal ini disampaikan Budi Kurnialis ketika memberikan pengarahan dalam acara pelantikan seramai 250 Pengawas TPS se-Kecamatan Bengkalis, Senin (22/2) di Aula Hotel Pantai Marina, Bengkalis. Pelantikan terhadap Pengawas TPS itu sendiri dilakukan oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Bengkalis M Riduwan Fashuri.

Foto bersama PTPS terlantik
Foto bersama PTPS Kecamatan Bengkalis terlantik

Di hadapan para Pengawas TPS yang tersebar di 31 desa/kelurahan di Kecamatan Bengkalis, Budi Kurnialis juga menegaskan jika seluruh jajaran pengawas TPS dituntut mampu menjalankan tugas dengan baik, memahami aturan terkait tahapan pemilu yang diawasi, seperti memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS tetap berjalan sesuai aturan yang sudah ditetapkan, termasuk berani dalam mengungkap bila ada pelanggaran pemilu yang terjadi di TPS.

"Saya yakin dan percaya bahwa Pengawas TPS yang dilantik hari ini adalah orang-orang yang terpilih dan  terpercaya. Dengan dilantiknya saudara, maka sudah tentu pengawas pemilu di Kecamatan Bengkalis khususnya dan Bawaslu Kabupaten Bengkalis umumnya semakin menjadi kuat," sebut Budi Kurnialis dengan semangat

Di bagian Budi Kurnialis juga menegaskan jika kerja pengawas TPS itu bukanlah semata mengawasi pelaksanaan hari pemungutan dan penghitungan suara. Melainkan juga mengawasi sejumlah kegiatan atau tahapan pemilu lainnya, seperti mengawasi logistik, serta melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan pemilu yang terjadi di TPS, serta membantu dalam pengawasan kampanye.

Selain memberikan pemahaman terkait peran, tugas dan wewenang bagi seluruh Pengawas TPS di Kecamatan Bengkalis, dalam pelantikan yang turut dihadiri Camat Bengkalis, PPK Kecamatan Bengkalis serta Unsur Pimpinan Kecamatan Bengkalis tersebut, Budi Kurnialis juga turut menyemangati serta memotivasi, bahwa menjadi pengawas pemilu adalah salah satu tugas yang luhur bagi mengawal proses pemilu berlangsung secara demokratis. Suksesnya pemilu juga tidak terlepas dari peran para pengawas pemilu yang ada.

"Satu hal lagi, setelah pelantikan ini segera lakukan koordinasi bersama pengawas Kelurahan/Desa. Pahami aturan serta apa-apa saja tugas yang harus dilakukan dalam melakukan pengawasan nantinya," imbuh Budi Kurnialis lagi.(humas_bawaslubks)

Penulis : Marzuli

Foto : Tim Bawaslu Bengkalis